Minggu, 19 Februari 2012

Cerita Penindasan Ras Kulit Hitam oleh Ku Klux Klan

Asal mula Ku Klux Clan (Generasi I)





Kebencian yang ditebar dan kekerasan yang dilakukan ku klux klan bermula dari dendam kesumat ras kulit putih di negara-negara bagian wilayah selatan amerika serikat dan kaum kofederasi terhadap ras kulit hitam pasca perang sipil. Saat itu, orang-orang kulit hitam dibantai orang-orang kulit putih anggota ku klux klan. Pemicunya adalah kemenangan kulit hitam yang membebaskan mereka dari jerat perbudakan. Pada masa kejayaannya, ku klux klan berhasil merebut lebih dari 3 juta anggota. Meski kemudian keberuntungan ku klux klan susut, tapi riwayat komplotan ini tak pernah benar-benar tamat.

Orang-orang di wilayah perbatasan amerika serikat sebelah selatan pada masa awal negara ini berdiri bersikukuh memperjuangkan individualism dan membela kaum tertindas. Kemudian, muncul peradilan dan kewaspadaan masyarakat di wilayah perbatasan amerika serikat. Sebelum perbudakan dihapus, sekelompok centeng selalu berpatroli di area perkebunan para juragan. Mereka bertujuan mencegah pemberontakan para budak. Mereka tak segan mencambuk bahkan membunuh budak yang ditangkap karena melanggar jam malam. Setelah terjadi pemberontakan berdarah para budak, kulit putih terpaksa menelan pil pahit kekalahan mereka. Merasa kehilangan kekayaan yang didapat dengan harga murah bahkan gratis, orang-orang kulit putih pun mendendam. Inilah pemicu kekerasan yang dilakukan ku klux klan.

Ku klux klan dicetuskan pada musin dingin di tahun 1863 oleh enam pemuda mantan anggota konfederasi di kota kecil pulaski, tennessee. Semula komplotan ini hanya sekumpulan pemabuk yang rutin menebar hura-hura. Karena pemabuk, maka setiap anggota komplotan ini memiliki sebutan nama-nama konyol, seperti grand cyclops, grand magi, grand turk dan grand scribe. Meski beragam nama konyol disandang setiap anggota, tapi mereka semua menamai kesatuannya “setan kubur”. Komplotan ini memilih kata kuklos dari bahasa yunani yang berrti lingkaran. Secara kebahasaan, kata ini sakral. Tapi mereka mempermainkan kata tersebut hingga menjadi ku klux klan karena para penjahat yang mempublikasikan, nama ku klux klan terdengan paling menakutkan di seluruh pelosok amerika serikat.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More